Runner Profile: Jesselly Lie

Runner Profile: Jesselly Lie

August 11, 2018 | Runner Profile Series

Share this post

Share to WhatsApp    Share to Telegram   

Siapakah Anda?

Nama Saya Jesselly, umur 24 tahun. Pekerjaan saya saat ini sebagai freelancer fitness consultant dan freelancer nutritionist (saat ini saya sedang mempelajari dan menelusuri sports nutrition).

Apa motivasi Jesselly mulai berlari?

Saya mulai berlari sekitar 5 tahun lalu saat saya masih bersekolah di Singapore. Saat itu, tujuan saya berlari hanya untuk menjaga berat badan. Dikarenakan kesibukan sehari-hari, pola makan dan pola berolahraga menjadi kurang dan kacau. Berat badan pun naik drastis. Dari sanalah saya mulai berlari sendiri. Jarak lari awal hanyalah 3 km sampai 5 km sekitar 3 kali seminggu.

Mengapa Jesselly terus berlari sampai hari ini?

Setelah berlari beberapa tahun saya mulai mendalami dunia lari. Semenjak saya pulang dan menetap di Medan, Indonesia, saya mulai mempelajari lebih dalam mengenai dunia lari. Pola latihan pun bertambah, research mengenai nutrisi berlari dan cara berlari yang benar. Saya pun mulai cinta lebih mendalam dengan olahraga ini.

Run for your health, run for your performance, run for food, run for any reason. Look for that reason and start working out!

Bisakah Jesselly menceritakan sedikit mengenai rutinitas lari selama ini?

Rutinitas lari saya di masa event (event season), saya berlatih setiap hari dimana saya akan membagi schedule saya menjadi easy run, speed training dan long run. Saya juga tidak lupa melatih strength training seperti kekuatan kaki dan core. Dalam satu minggu, akan ada sekitar 1-2 hari dimana saya rest from running. Rest day atau recovery day sangatlah penting dalam membangun performa lari kita.

Rutinitas lari saya pada saat off season hampir mirip dengan rutinitas lari on season hanya saja tingkat kesulitan dikurangi, agar tubuh tetap terlatih dan saya tidak akan kesulitan untuk melatih balik dan mempersiapkan tubuh saya untuk event selanjutnya.


Cause Virtual Run - Jesselly Lie Runner Profile

Jesselly Lie (@jesselly) | Medan


Awal Juli ini, Jesselly mengikuti Gold Coast Marathon dan berhasil mencetak personal best record. Apakah boleh di-share pengalamannya?

Menjelang Gold Coast marathon ini saya telah meluangkan 4 bulan penuh untuk melatih performa lari saya agar saya dapat mencapai Personal Best record. Dan berdasarkan pengalaman yang saya alami adalah Hardwork will never betray us although I train really hard for this event but I am truly satisfied with the results.

Adakah pesan inspiratif bagi teman-teman yang mau memulai olahraga lari?

Pesan saya hanya satu: “Every single person would start somewhere with or without talent. You can always run anywhere no matter how long as long as you wake up, put on your shoes and run. Run for your health, run for your performance, run for food, run for any reason. Look for that reason and start working out!”

Bisakah Jesselly membagikan beberapa tips atau saran untuk pelari pemula?

Tips dan saran dari saya, biasakanlah untuk berolahraga setiap pagi ataupun sore. Tetapkanlah jadwal dan usahakan untuk mengikuti jadwal tersebut. Mulailah dari berlari 3 sampai 5 km, 3 kali seminggu. Setelah Anda merasa nyaman dengan rutinitas tersebut silahkan tambahkan effort dan perpanjang kilometer-nya.

Recent Profile

Runner Profile:
Maria Sari
Runner Profile:
Henny Onggo
© Copyright 2018 Cause Virtual Run